Memperingati Hari Pramuka, Nostalgia Masa-Masa Pramuka Kita Yuk!

Kwarcab Muba
April 01,2019
Leave a comment
190 Views
tesss description

teeeeeessss

ilustrasi kemah pramuka

Di Indonesia, Hari Pramuka diperingati setiap tanggal 14 Agustus. Mungkin lebih gampang diingat daripada hari-hari penting lainnya karena hanya berselang sebentar dengan Hari Kemerdekaan kita di tanggal 17 Agustus.

Sementara, gerakan kepramukaan dunia atau dikenal dengan istilah scouting diperingati setiap 22 Februari, sesuai tanggal lahir pendiri gerakan ini. Yup, Lord Baden Powell menjadikan scoutingsebagai cara untuk membina anak-anak muda di Inggris yang terlibat tindak kejahatan dan kekerasan. (Lebih lengkapnya tentang gerakan pramuka dunia bisa kamu baca di sini)

Nah, masih ingat nggak masa-masa dimana kalian ikutan ekstrakulikuler Pramuka dulu? Dari mulai yang paling semangat saat masih SD, mulai merasa ‘terpaksa’ pas di SMP, hingga ketika SMA kamu sama sekali nggak mau ikutan. Bahkan, mungkin kamu sering memanggil teman-temanmu yang ikut Pramuka dengan sebutan ‘anak cupu’. Ya ampun…

Di artikel kali ini Hipwee mau ngajak kalian nostalgia mengenang serunya jadi anak Pramuka dulu. Yuk, simak!

1. Ketika Masuk SD, Kamu Resmi Jadi Anggota Pramuka Siaga. Butuh Perjuangan Lho Biar Bisa Tampil Kayak Gini…

Pramuka Siaga itu yang paling muda. Biasanya dilambangkan dengan warna hijau. Mulai dari ujung kepala sampai ujung kaki, ada aturan yang jelas tentang apa saja atribut yang harus kamu pakai. Kamu bisa tetap tenang karena ada ayah, ibu, atau kakak yang siap mengantarkanmu ke toko perlengkapan Pramuka.

2. Kalau Atribut Nggak Sesuai Aturan, Siap-Siap Aja Ditegur Kakak Pembina

Dalam organisasi Pramuka, ada yang bertugas sebagai pelatih dan pembina. Bukannya disebut dengan ‘Bapak’ atau ‘Ibu’, berapapun umurnya tetap akan dipanggil ‘kakak’.

3. Kamu Dulu Masuk Regu Apa?

Buat regu cewek biasanya pakai nama-nama bunga, sedangkan cowok pakai nama-nama binatang. Satu regu bisa terdiri dari 5 sampai 10 anggota. Salah satu akan jadi ketua yang membawa tongkat dan bendera sebagai identitas regunya.

4. Bisa Tepuk Pramuka Itu Udah Kewajiban

Masih ingat ‘dua kali tepuk Pramuka’? Coba deh praktekkin sekarang…

Sumber : https://www.hipwee.com/hiburan/nostalgia-jadi-anak-pramuka/

Tags :
SHARE
Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *